Senin, 11 Oktober 2010

RPS

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah/Kode : Perencanaan Proyek Periklanan
SKS/Semester : 3 (3 x 50 menit) / ganjil
Mata Kuliah Prasarat : -
Dosen : Dr. Basuki Agus Suparno
Retno Hendariningrum, M. Si
Muhammad Edy Susilo, M. Si
Basuki, M. Si
Sigit Tri Pambudi, M. Si
Isbandi Sutrisno, M. Si

I. Deskripsi Mata Kuliah
Perencanaan Proyek Periklanan merupakan mata kuliah komprehensif (produk akhir) dari mata kuliah-mata kuliah sebelumnya (manajemen iklan, riset iklan, produksi iklan cetak, online, radio, televisi, penulisan naskah iklan, perilaku konsumen). Mata kuliah ini memiliki cakupan awal taklimat klien (client’s brief), hingga penempatan di media. Keseluruhan proses tersebut meliputi mencari klien; client’s brief; design riset iklan meliputi riset produk, riset segmentasi produk; design kreatif; eksekusi/pembuatan iklan; dan penempatan di media (media placement).


II. Kompetensi Mata Kuliah
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu :
Mencari klien, merencanakan iklan, membuat iklan, dan menempatkan iklan di media.


III. Analisis Instruksional



IV. Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran yang digunakan dalam MK Perencanaan Proyek Periklanan adalah dengan menerapkan real case based learning, yang merupakan modifikasi dari case based learning. Perbedaannya terletak pada kasus yang diangkat adalah kasus real yang diperoleh dari permasalahan pengiklan perusahaan periklanan yang biasa melakukan riset iklan .
Basiknya adalah studi kelompok yang menekankan pembelajar aktif dalam pembelajaran. Dalam pertemuan kelas akan dibagi dalam kelompok kecil yang beranggotakan 5-7 mahasiswa. Selanjutnya tugas ditentukan melalui prosedur kerja yang harus diselesaikan dalam kelompok. Dosen menjadi fasilitator dan mengontrol aktivitas dalam kelompok.

V. Sumber Referensi
-

VI. Pedoman Tugas dan Teknis Pelaksanaan Kuliah
1. Mahasiswa dibagi dalam kelompok dengan jumlah 5-7 mahasiswa.
2. Pertemuan 1-6 adalah tatap muka di kelas dengan brainstorming materi, setelah UTS berupa pembimbingan/konsultasi tugas.
3. Dalam melaksanakan prosedur kerja, mahasiswa bisa melakukan konsultasi/pembimbingan dalam rangka tugas yang sedang dilaksanakan.
4. Setiap kelompok akan mendapatkan pembimbing utama seorang dosen, tetapi memungkinkan untuk mengkonsultasikan tugas kelompok pada dosen lain.
5. Jadwal (waktu) konsultasi sesuai jadwal kuliah atau jadwal bimbingan lain berdasarkan kesepakatan pembimbing dan kelompok.
6. Setiap kelompok akan melakukan presentasi 2 kali, pada saat UTS dan UAS.
7. Setiap kelompok wajib memiliki dan membawa buku tulis/catatan pada saat pembimbingan untuk mencatat progress proyek yang dikerjakan.
8. Client harus disetujui oleh pembimbing.
9. Prosedur kerja kelompok :
a. mencari klien dan permasalahan
b. Memperoleh client brief dari klien
c. Membuat design riset : berupa riset pesan iklan (message research), media yang dipakai (media researh), anggaran (money research) dan pasar sasaran dari iklan (market research)
d. Wajib membuat iklan cetak, radio, dan TVC. Memungkinkan untuk membuat iklan lain.
e. Membuat design kreatif dari iklan cetak, radio (berupa script), dan TVC (berupa story board)
f. Ekseskusi (pembuatan) iklan
g. Media Placement (penempatan iklan di media)
10. Capaian tugas : saat UTS sampai pada tahap design kreatif, kelompok akan mempresentasikan prosedur kerja dari mencari klien, client brief, riset, dan design kreatif.
11. UAS : mengumpulkan keseluruhan laporan prosedur kerja dan presentasi hasil prosedur kerja secara keseluruhan, berupa soft copy dan hard copy.

VII. Penilaian
1. Penilain dilakukan melalui presentasi pada saat UTS dan UAS.
2. Laporan dan Presentasi hasil kerja kelompok yang dipresentasikan pada saat UAS, dengan mengumpulkan hard copy dan soft copy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar