1. The market survey (a one shot design)
untuk mencari informasi deskriptif dari
kelompok tertentu mengenai sesuatu,
misalnya kebiasaan berbelanja,
penggunaan media, advertising exposure,
perilaku terhadap produk dll,
2. The day- after-advertising recall study
n untuk menentukan apakah orang dapat ingat tentag pesan-pesan iklan dan secara tepat menghubungkannya dengan produk
n Mereka ditanya sehari setelah iklan muncul
3. The attitude change study ( a panel- change design)
n mencari informasi tentang peningkatan atau penurunan sikap konsumen terhadap produk dalam beberapa kurun waktu yang berbeda.
4. The market comparison study ( a group-comparison design)
n membandingkan dua atau lebih kelompok, untuk menentukan bagaimana mereka berbeda dalam berbagai hal seperti pembelian produk, market share, kebiasaan media, karakteristik demografis, dsb
5. The home maker-panell study ( a longitudinal –panel design)
n mengukur sikap, pembelian, dan perilaku dari kelompok yang sama dalam waktu yang panjang.
n Dilakukan dengan meneliti secara berkelanjutan dan kemudian membandingkan datanya
Langkah penelitian pasar :
a. identifikasi audiens sasaran
n what, how, when, where & whom pesan akan disampaikan.
n mengidentifikasi persepsi konsmen thd citra perusahaan, citra produk dan citra para pesaing
b. Menentukan tujuan komunikasi
diarahkan pd pngembangn respon yg
Diharapkan pd tiga tahap kognitif, afektif &
konatif
c. Merancang pesan
1. Apa yg ingin disampaikan/ message content. Daya tarik atau unique selling proposition (USP) yg ditawarkan kpd audiens:
n rational appeals
n emotional appeals
n moral appeals
2. struktur pesan/ message structure: berkaitan dgn penarikan kesimpulan (consclusive drawing) & urutan presentasi pesan
3. Bgm cara menyampaikan pesan scr simbolis (message format)
4. Siapa yg harus menyampaikan /message source
d. Memilih saluran Komunikasi/media
n Media diartikan secara luas, yakni sebagai contact of point not a medio.
n Tidak selalu mass, tetapi juga mikro yang jauh lebih beragam.
Saluran Kom dibagi 2:
1. Saluran komunikasi personal, terdiri atas dua atau lebih orang yang saling berkomunikasi secara langsung
n Misalnya: WOM, talk with family, friend, email blast, out of home media
2. Saluran Komunikasi non-personal, meliputi media, atmosphere dan events
Tidak ada komentar:
Posting Komentar