Rabu, 03 November 2010

Beberapa tipe riset iklan di bidang pasar/market


1. The market survey (a one shot design)
untuk mencari informasi deskriptif dari
kelompok tertentu mengenai sesuatu,
misalnya kebiasaan berbelanja,
penggunaan media, advertising exposure,
perilaku terhadap produk dll, 
2. The day- after-advertising recall study
n      untuk menentukan apakah orang dapat ingat tentag pesan-pesan iklan dan secara tepat menghubungkannya dengan produk
n      Mereka ditanya sehari setelah iklan muncul
3. The attitude change study ( a panel- change design)
n      mencari informasi tentang peningkatan atau penurunan sikap konsumen terhadap produk dalam beberapa kurun waktu yang berbeda.
4. The market comparison study ( a group-comparison design)
n      membandingkan dua atau lebih kelompok, untuk menentukan bagaimana mereka berbeda dalam berbagai hal seperti pembelian produk, market share, kebiasaan media, karakteristik demografis, dsb
5. The home maker-panell study ( a longitudinal –panel design)
n      mengukur sikap, pembelian, dan perilaku dari kelompok yang sama dalam waktu yang panjang.
n      Dilakukan dengan meneliti secara berkelanjutan dan kemudian membandingkan datanya
Langkah penelitian pasar :
a. identifikasi audiens sasaran
n      what, how, when, where & whom pesan akan disampaikan.
n      mengidentifikasi persepsi konsmen thd citra perusahaan, citra produk dan citra para pesaing
b. Menentukan tujuan komunikasi
diarahkan pd pngembangn respon yg
Diharapkan pd tiga tahap kognitif,  afektif &
konatif
c. Merancang pesan
1. Apa yg ingin disampaikan/ message content. Daya tarik atau unique selling proposition (USP) yg ditawarkan kpd audiens:
n      rational appeals
n      emotional appeals
n      moral appeals
2. struktur pesan/ message structure: berkaitan dgn penarikan kesimpulan (consclusive drawing) & urutan presentasi pesan
3. Bgm cara menyampaikan pesan scr simbolis (message format)
4.  Siapa yg harus menyampaikan /message source
d. Memilih saluran Komunikasi/media

n      Media diartikan secara luas, yakni sebagai contact of point not a medio.
n      Tidak selalu mass, tetapi juga mikro yang jauh lebih beragam.

Saluran Kom dibagi 2:
1. Saluran komunikasi personal, terdiri atas dua atau lebih orang yang saling berkomunikasi secara langsung
n      Misalnya: WOM, talk with family, friend, email blast, out of home media
2. Saluran Komunikasi non-personal, meliputi media, atmosphere dan events

Tidak ada komentar:

Posting Komentar