Rabu, 03 November 2010

Strategi Pra Riset


3 hal yg diperlukan pra riset:
1. Keterlibatan konsumen (consumer involvement) thd produk yg akan dibuat iklannya.
n      Dapat dilihat berdasar FCB Grid yang berfungsi untuk melakukan perceptual mapping konsumen.
Kuadran 1: The Information Strategy
n      Untuk pembelian dgn keterlibatan sangat tinggi, perlu pertimbangan ekonomis & pemikiran mendalam.
n      Contoh: mobil, asuransi, perguruan tinggi dll
Kuadran 2: The Affective Strategy
n      Untuk pembelian yg memerlukan keterlibatan & feeling yang tinggi; produk dpt meningkatkan gengsi pembelinya.
n      Perlu ”Emotional Communication”
n      Contoh parfum, kosmetik, perhiasan, fashion.
Kuadran 3: The Habitual Strategy
n      Pembelian produk hanya menggunakan pemikiran dan keterlibatan rendah, misal bensin, pembersih lantai, garam atau produk pembelian produk yang sifatnya coba-coba
Kuadran 4: The Satisfaction Strategy
n      Pembelian produk untuk keperluan pleasure
n      minuman, rokok, permen, coklat, dll
2. Target market
q     Target Market adalah bagian dari pasar yang setelah melalui proses penelitian akan ”dibidik” oleh pemasar
Mengapa target market harus jelas?
q     perushaan tidak dpt menarik semua pembeli
q     atau setidaknya, tidak dpt menarik semua pembeli dgn cara yg sama.
q     Perusahaan menjadi selektif: memilih bagian pasar yg sanggup dilayaninya dengan baik dan yang paling menguntungkan.
q     Sebagian besar perusahaan  bergeser  dari mass marketing ke segmentasi dan pembidikan pasar

3. Positioning
n      Positioning adalah bgm kedudukan produk di benak konsumen.
n      Positioning bersifat psikologis dan berhubungan dengan persepsi.
Tahapan Riset Iklan
1. Media Distribution
n      jumlah unit fisik dari sebuah media di mana iklan akan disampaikan.
n      menyediakan data pokok tentang perbandingan satu media dngan media lainnya
n      Media distribution TV?

2. Media exposure
q     Mengukur jumlah orang yang  melihat atau mendengar iklan melalui media tertentu.
q     merujuk baik pada jumlah orang yang tereskpos (audience size) & jumlah total dari exposure (audience size dikalikan dgn rata2 jumlah exposure per person)
3. Advertisement Exposure
n      jumlah orang yang melihat atau mendengar pesan iklan tertentu.
n      Lebih eksak ketimbang media exposure sebab hanya menekankan pada iklan saja dan bukan media secara keseluruhan
4. Advertising Perception
n      berhubungan dengan  proses individual terhadap sebuah iklan.
n      persepsi mencakup kesadaran, perhatian dan perasaan suka terhadap iklan
5. Advertising communication
n      mengukur peningkatan awareness atau pengetahuan terhadap produk, mengubah  sikap atau image produk, mendorong orang  melakukan action atau kombinasi hal-hal tersebut.
6. Behavioral Response
n      Tiap perilaku yang  dapat dilihat, yang diakibatkan oleh iklan. Perilaku paling  diharapkan adalah pembelian, namun perilaku pendahulunya juga termasuk di sini
n      Kesulitan mengukur behavioral response, adalah menentukan apakah perilaku tersebut disebabkan oleh iklan atau hal lain
Klien didapatkan dari:
n      Penawaran & loby dari agency
n      Pitching
n      Klien saat ini (current client)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar