3 hal yg diperlukan pra riset:
1. Keterlibatan konsumen (consumer involvement) thd produk yg akan dibuat iklannya.
n Dapat dilihat berdasar FCB Grid yang berfungsi untuk melakukan perceptual mapping konsumen.
Kuadran 1: The Information Strategy
n Untuk pembelian dgn keterlibatan sangat tinggi, perlu pertimbangan ekonomis & pemikiran mendalam.
n Contoh: mobil, asuransi, perguruan tinggi dll
Kuadran 2: The Affective Strategy
n Untuk pembelian yg memerlukan keterlibatan & feeling yang tinggi; produk dpt meningkatkan gengsi pembelinya.
n Perlu ”Emotional Communication”
n Contoh parfum, kosmetik, perhiasan, fashion.
Kuadran 3: The Habitual Strategy
n Pembelian produk hanya menggunakan pemikiran dan keterlibatan rendah, misal bensin, pembersih lantai, garam atau produk pembelian produk yang sifatnya coba-coba
Kuadran 4: The Satisfaction Strategy
n Pembelian produk untuk keperluan pleasure
n minuman, rokok, permen, coklat, dll
2. Target market
q Target Market adalah bagian dari pasar yang setelah melalui proses penelitian akan ”dibidik” oleh pemasar
Mengapa target market harus jelas?
q perushaan tidak dpt menarik semua pembeli
q atau setidaknya, tidak dpt menarik semua pembeli dgn cara yg sama.
q Perusahaan menjadi selektif: memilih bagian pasar yg sanggup dilayaninya dengan baik dan yang paling menguntungkan.
q Sebagian besar perusahaan bergeser dari mass marketing ke segmentasi dan pembidikan pasar
3. Positioning
n Positioning adalah bgm kedudukan produk di benak konsumen.
n Positioning bersifat psikologis dan berhubungan dengan persepsi.
Tahapan Riset Iklan
1. Media Distribution
n jumlah unit fisik dari sebuah media di mana iklan akan disampaikan.
n menyediakan data pokok tentang perbandingan satu media dngan media lainnya
n Media distribution TV?
2. Media exposure
q Mengukur jumlah orang yang melihat atau mendengar iklan melalui media tertentu.
q merujuk baik pada jumlah orang yang tereskpos (audience size) & jumlah total dari exposure (audience size dikalikan dgn rata2 jumlah exposure per person)
3. Advertisement Exposure
n jumlah orang yang melihat atau mendengar pesan iklan tertentu.
n Lebih eksak ketimbang media exposure sebab hanya menekankan pada iklan saja dan bukan media secara keseluruhan
4. Advertising Perception
n berhubungan dengan proses individual terhadap sebuah iklan.
n persepsi mencakup kesadaran, perhatian dan perasaan suka terhadap iklan
5. Advertising communication
n mengukur peningkatan awareness atau pengetahuan terhadap produk, mengubah sikap atau image produk, mendorong orang melakukan action atau kombinasi hal-hal tersebut.
6. Behavioral Response
n Tiap perilaku yang dapat dilihat, yang diakibatkan oleh iklan. Perilaku paling diharapkan adalah pembelian, namun perilaku pendahulunya juga termasuk di sini
n Kesulitan mengukur behavioral response, adalah menentukan apakah perilaku tersebut disebabkan oleh iklan atau hal lain
Klien didapatkan dari:
n Penawaran & loby dari agency
n Pitching
n Klien saat ini (current client)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar